• PMB Online Universitas PGRI Madiun
  • Alamat: Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, Jawa Timur, Indonesia
  • Hubungi Kami 0351-462986

PMB Online Universitas PGRI Madiun

Program Studi : PENDIDIKAN EKONOMI

Pendidikan Ekonomi

Sejarah Prodi Pendidikan Ekonomi

Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Madiun didirikan oleh Yayasan PGRI Daerah VIII Jawa Timur dengan Akte Pendirian oleh Notaris Anwar Nahayudi No. 44 tanggal 13 Nopember 1975. Setahun kemudian tepatnya 17 Mei 1976 mendapat status terdaftar dari Kopertis Wilayah VI No. 85/I/76. Empat belas tahun kemudian statusnya naik menjadi diakui. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0603/O/1990 tanggal 13 September 1990, dan saat ini merupakan satu-satunya program studi sejenis di Karesidenan Madiun yang terakreditasi berdasarkan Keputusan BAN PT Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 019/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000, ini akreditasi yang pertama dengan hasil Terakreditasi Peringkat nilai C. Pada bulan Juni 2014 Prodi Pendidikan Ekonomi mengajukan re-akreditasi dan memperoleh nilai B dengan Keputusan BAN-PT Depdiknas No. 468/SK/BAN-PT/AKRED/S/XII/2014 Tgl. 15 Desember 2014.

Mengapa Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi?

Kunggulan utama Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun terletak pada pendidikan pengembangan karakter mahasiswa lulusan. Kualitas dosen yang profesional, kurikulum yang didesain dengan apik mampu menjawab kebutuhan dunia kerja. Fasilitas pembelajaran berupa ruang kelas ber AC yang nyaman, ketersedian perpustakaan prodi, jaringan wifi, dan laboratorium ekonomi menjadi nilai tambah faktor penunjang pembelajaran. Penekanan karakter lulusan yang cerdas secara akademik dan moral, mampu menghasilkan lulusan handal yang terserap di masyarakat. Alumni prodi Pendidikan Ekonomi sudah terbukti menjadi dosen, guru PNS maupun swasta yang profesional, menjadi wirausahawan sukses dengan mendirikan UMKM di berbagai sektor riil, politisi, tenaga kerja non kependidikan (dunia perbankan, industri, dll)

Deskripsi Perkuliahan

Dalam proses pembelajaran prodi ekonomi dilakukan di dalam dan luar kelas. Kegiataan kuliah umum yang mengundang praktisi baik dari dunia perbankan, pelaku UMKM, praktisi, maupun wirausahawan menjadi agenda rutin untuk menambah wawasan kelimuan para mahasiswa prodi pendidikan ekonomi. Pembelajaran di luar kelas dilakukan melalui kegiatan Kunjungan Industri (KI), Magang, PKL UMKM dan Koperasi di tempat yangs esuai dengan bidang kajian ilmu prodi pendidikan Ekonomi. Rumpun ilmu yang merupakan kajian Prodi Pendidikan Ekonomi meliputi rumpun pembelajaran, ekonomi makro, ekonomi mikro, ekonomi pembangunan, akutansi UMKM dan koperasi serta ekonomi syariah. 

No

Nama

Penyelenggara

Tanggal

1

KAKANGMAS KABUPATEN MADIUN 2019

Pemerintah Kabupaten Madiun

2019-12-16

2

Mengikuti Seminar Internasional Sustainable Rural & Regional Development

Bappeda Jateng

2019-11-25

3

PROGRAM HIBAH BINA DESA (PHBD) TAHUN 2019

Kementrian Riset ,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

2019-06-02

4

Juara 2 Lomba Youth Creative Project 2018 tingkat Regional Jawa Timur.

Telkomsel Surabaya

2018-08-01

5

Prestasi Mahasiswa Lomba Media Pembelajaran Ekonomi Juara Harapan 1 Tingkat Nasional

Universitas Negeri semarang

2018-05-10

Whatsapp-Button